LABORATORIUM BIOMOLEKULER DAN LINGKUNGAN

LOGO OKE

LABORATORIUM BIOMOLEKULER
DAN LINGKUNGAN

SEJARAH

Saat ini, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam memiliki 4 jurusan dan 7 program studi, yaitu Jurusan Matematika memiliki Program Studi Matematika, Statistika, dan Ilmu Komputer; Jurusan Fisika memiliki Program Studi Fisika, Jurusan Kimia memiliki Program Studi Kimia, dan Jurusan Biologi memiliki Program Studi Biologi dan Bioteknologi. Keempat jurusan tersebut didukung oleh 6 laboratorium, yaitu: Laboratorium Matematika, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia dan Laboratorium Biologi sebagai Laboratorium Pendidikan serta Laboratorium Nanoteknologi dan Laboratorium Biomolekuler dan Lingkungan sebagai Laboratorium Penelitian. Keenam laboratorium ini bertanggung jawab langsung kepada Dekan FMIPA.

Laboratorium Biomolekuler dan Lingkungan sebelumnya bernama Laboratorium Forensik dan Biomolekuler. Laboratorium ini terbentuk karena telah memiliki kesiapan dari segi peralatan dan sumberdaya manusia di bidang Biologi Molekuler sehingga dapat memenuhi pengujian dan penelitian di bidang Forensik dan Biomolekuler. Laboratorium ini mulai beroperasi sejak Bulan Januari Tahun 2012.

Laboratorium ini merupakan Laboratorium Penelitian dan Pengujian dengan pelayanan penuh terhadap pengembangan Penelitian bagi mahasiswa, dosen, pemerintah, dan swasta. Jenis pelayanan yang dilakukan berupa analisis keragaman genetik, deteksi penyakit secara molekuler, isolasi gen, pengujian kualitas air, tanah, udara dan lingkungan.

Laboratorium Forensik dan Biomolekuler selain memiliki peralatan untuk analisis biolmolekuler seperti PCR, elektroforesis, GelDoc, centrifuge high speed refrigerator, dan lain-lain, juga memiliki peralatan untuk analisis lingkungan, seperti AAS, spetrofotometer, DO meter, pH meter, turbidimeter, dan lain-lain. Berdasarkan hal tersebut, pada tanggal 5 November 2019, Laboratorium Forensik dan Biomolekuler berubah nama menjadi Laboraorium Biomolekuler dan Lingkungan berdasarkan SK Rektor Universitas Halu Oleo No. T/9989/UN29/SK/KP.09.04/2019 dan menunjuk Bapak Dr. Muzuni, S.Si., M.Si. sebagai Kepala Laboratorium.

Sebagai bentuk keseriusan dan tanggungjawab yang diberikan, Laboratorium Biomolekuler dan Lingkungan sedang mengajukan proses akreditasi Laboratorium guna memenuhi standar pengujian yang telah ditetapkan oleh pemerintah yaitu akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Untuk peningkatan pelayanan, Laboratorium Biomolekuler dan Lingkungan bekerjasa dengan Balai Laboratorium Kesehatan Sulawesi Tenggara juga menyediakan jasa Sampling untuk berbagai jenis sampel yang akan diuji di Laboratorium. Untuk mendukung layanan pengujian dan penelitian, Laboratorium Biomolekuler dan Lingkungan dilengkapi dengan beberapa alat pengujian yang mutakhir dengan sensifitas yang sangat baik. Selain itu, Laboratorium Biomolekuler dan Lingkungan juga menyediakan jasa konsultasi.

Laboratorium Biomolekuler dan Lingkungan telah diterima dengan baik sebagai Laboratorium Pengujian dan Penelitian, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya penggunaan pengujian dan penelitian yang telah dilakukan. Laboratorium Biomolekuler dan Lingkungan juga di lengkapi dengan beberapa tenaga analis yang berkompeten di bidang analisis.

Scan the code